Ad Code

Responsive Advertisement

BAB 7 PENCUCIAN DRY CLEAN ( XI HT )

 BAB 7  PENCUCIAN DRY CLEAN ( XI HT )


A.  PROSES PENCUCIAN DRY CLEAN


Pencucian secara Dry Clean merupakan suatu inovasi di bidang laundry. Pencucian dry clean hanya bisa dilakukan di tempat tempat usaha laundry and dry clean, belum dapat dilakukan secara mandiri di rumah rumah.


PROSES PENCUCIAN DRY CLEAN

Pencucian dry clean atau cuci kering merupakan sustu proses mencuci tanpa air, janya menggunakan bahan kimia dan alat khusus. Bahan kimia yang digunakan pun tidak sembarangan berbeda dengan bahan kimia yang digunakan untuk pencucian biasa.

PAKAIAN YANG SEBAIKNYA DICUCI DENGAN DRY CLEAN

Dalam pencucian, ada beberapa linen atau pakaian yang memang dianjurkan dicuci secara dry cleaning. Hal ini bertujuan agar kualitas bahan tetap terjaga. Bahan bahan yang pencuciannya dianjurkan menggunakan dry cleaning diantaranya adalah sebagai berikut  :

  1. Detail Payet dan Sequin Pakaian payet adalah pakaian yang dihiasi oleh hiasan berkilau atau berkelip. Payet biasanya diaplikasikan untuk kebaya atau baju pesta. sedangkan Sequin adalah teknik dekoratif apakaian yang menggunakan payet payet metalikyang banyak dikenakan  pada pakaian wanita atau anak anak perempuan. Pencucian pakaian dengan detail payet dan sequin sangat cocok bila dicuci dengan menggunakan dry cleaning. Hal ini dimaksudkan agar payet atau sequin tetap terjaga. Jangan pernah memasukkan pakaian dengan aksen payet atau sequin ke dalam mesin cuci, karena akan merusak detail dan mesin cuci sekaligus.
  2. Setelan jas.  Jas merupakan pakaian yang harus ditangani secara khusus dalam proses pencuciannya. Jika salah penanganan, maka jas akan rusak. Pencucian jas dengan menggunakan dry cleaning adalah pilihan yang tepat, selain jas tetap awet, kebersihan jas jauh lebih terjaga jika dibandingkan dengan pencucian biasa.
  3. Kulit dan Suede.  segala sesuatu yang berbahan dasar kulit dan suede akan membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini dikarenakan tektur kulit dan suede yang lembut. Pencucian menggunakan dry clenaing dapat menjaga tekstur dan kelembutan kulit dan suede tetap terjaga.
LANGKAH LANGKAH PENCUCIAN DRY CLEAN

Sebelum mempelajari langkah langkah pengerjaan dry clean, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu simbol simbol dry clean. Memahami setiap simbol yang tertera pada pakaian akan mempermudah kita untuk mengambil tindakan perawatan terhadap pakaian tersebut. Berikan beberapa simbol dry clean yang biasa kita temui pada label pakaian.


Setelah memahami simbol simbol dry clean, sekarang mari kita pelajari langlah langkah  pengerjaan dry clean...:
  1. Proses metode dry cleanig.  Mesin dry cleaning merupakan mesin pembersih yang menggunakan motor pemutar. Biasanya mesin dapat menampung 9 samapai 45 kg pakaian dalam sekali proses pencucian dalam wadah stainless steel yang berongga. Selama pakaian berputar di dalam mesin dry cleaning, ada aliran konstan cairan pelarut yang dikeluarkan melalui sistem pompa dan filter. Selama proses ini berlangsung, banyak hal yang terjadi pada pakaian yang sedang dicuci. Tidak hanya merendam pakaian, cairan pelarut ini juga sekaligus berfungsi untuk melepaskan kotoran kotoran yang terdapat pada pakaian dengan bantuan getaran dan putaran dari motor pemutar mesin. lalu 

Posting Komentar

0 Komentar