Ad Code

Responsive Advertisement

BAB 1 LAUNDRY SECTION CHAPTER 3 ( XI HT )

BAB 1 LAUNDRY SECTION CHAPTER 3 ( XI HT )

C. Uraian Materi

TARIF LAUNDRY

Seperti yang sudah diterangkan dalam modul modul sebelumnya, pencucian ke bagian Laundry dapat dibedakan menjadi dua bagian besar yaitu House Laundry dan Guest Laundry. House Laundry adalah segala macam cucian milik hotel yang terdiri dari Linen Supplies yang digunakan oleh Housekeeping Departement ( Floor Section ), Food and Beverage Departement dan termasuk juga Uniform milik seluruh karyawan. Hotel. 

Cucian yang berasal dari House Laundry sering disebut Non Revenue Production Work karena tidak menghasilkan uang secara langsung, tetapi merupakan sarana pendukung pelayanan terhadap tamu ( Guest House Service )

Sedangkan Guest Laundry adalah cucian yang berasal dari para tamu hotel baik tamu yang menginap di hotel ataupun yang berasal dari luar hotel. Para pelanggan seperti para pengusaha, para pejabat Instansi pemerintah ataupun swasta sering mencucikan pakaian atau linen kotornya. Guest Laundry disebut sebagai Revenue Production Works karena dapat menghasilkan uang secara langsung.

Tamu yang menginap di Hotel akan dikenakan biaya bila meminta layanan pencucian pakaian. Besarnya biaya pencucian di dasarkan atas Service laundry yang diberikan.

  1. Jenis cucian dimana setiap jenis cucian mempunyai biaya service Laundry tersendiri.
  2.  Jenis Jenis layanan Laundry yang dikehendaki oleh tamu
  • Urgent Service ( Laundry tamu akan diselesaikan dalam waktu dua jam dan dikenakan tarif dua kali lipat dari tarif biasa. )
  • Special Service ( Laundry tamu akan diselesaikan dalam waktu empat jam dan dikenakan penambahan tarif 50% dari tarif biasa. )
  • One Day Service ( Laundry tamu diambil di pagi hari dan akan diantar pakaian bersihnya pada sore hari dan dikenakan tarif normal. )


Artikel Terkait :