Ad Code

Responsive Advertisement

BAB 1 PENGEMASAN DAN PENYIMPANAN CHAPTER 1 ( XII HT )

 PENGEMASAN DAN PENYIMPANAN CHAPTER 1


C.  Uraian Materi

DEFINISI PENGEMASAN

Pengemasan yang memiliki kata dasar kemas memiliki arti sebuah desain yang mengaitkan bentuk, struktur, warna dengan informasi produk agar produk mudah dipasarkan atau memiliki ciri yang mudah diingat oleh konsumen atau pelanggan. 

Menurut Kotler & Keller ( 2009 : 27 ) 
Pengemasan adalah kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus sebagai sebuah produk. 

Menurut Rangkuti ( 2010 : 132 ) 
Pengemasan adalah aktivitas merancang dan memproduksi kemasan atau pembungkus untuk produk. Bisanya fungsi utama dari kemasan adalah untuk menjaga produk. Namun, sekarang menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran. 


A. PENGEMASAN TRADISONAL

Pengemasan pada zaman dahulu sudah ada, namun bahan yang digunakan berbeda. Pengemasan pada saat itu lebih menggunkan bahan bahan sederhana yang sering dijumpai.

 


B. FUNGSI PENGEMASAN

Pengemasan mempunyai beberapa fungsi yaitu :
  1. Fungsi Protektif ( Fungsi Protektif artinya kemasan berfungsi untuk melindungi barang dari kerusakan yang tidak diinginkan. Untuk di Laundry di pakai Plastik Jas Hanger untuk melindungi barang cucian ( Baju ) dari tersenggol yang bisa mengakibatkan kusut kembali dan terkena debu dari luar. )
  2. Fungsi Promosional  ( Sebagai sarana promosional, biasanya pemilik produk atau jasa akan mempertimbangkan bentuk pengemasan sedetail mungkin dari sisi warna, tulisan dan ukuran serta penampilannya.  )

Menurut Kotler ( 1999: 228 ) terdapat empat fungsi kemasan sebagai satu alat pemasaran, yaitu :


Beberapa Fungsi lain dari kemasan diantaranya :
  1. Kemasan melindungi produk dalam pergerakan ( Kemasan berfungsi untuk mengurangi terjadinya kehancuran, busuk atau kehilangan melalui pencurian atau kesalahan penempatan.
  2. Kemasan memberikan cara yang unik untuk menarik perhatian kepada sebuah produk dan memperkuat citra produk. 
  3. Kombinasi dari keduanya,  ( Marketing dan Logistik dimana kemasan menjual produk dengan menarik perhatian dan mengkomunikasikannya. )


C. TUJUAN PENGEMASAN

Menurut Louw dan Kimber ( 2007 ) kemasan memiliki tujuan yaitu :



D. Latihan/Kasus/Tugas

Amati gambar di bawah! Dan lengkapi table table yang kosong ( Literasi : Cari dari internet untuk melengkapinya )

           

Artikel Terkait :

Posting Komentar

0 Komentar